Monday 9 October 2017

PERBEZAAN ANTARA ADOBE PHOTOSHOP, ADOBE ILLUSTRATOR DAN INDESIGN

ADOBE PHOTOSHOP
ADOBE ILLUSTRACTOR
INDESIGN
1. Digunakan untuk mengedit gambar.

1. Digunakan untuk membuat ilustrasi dan membuat objek visual untuk percetakan.

1. Digunakan untuk membuat buku, majalah, katolog dan media-media cetak yang lain yang terdiri daripada lebih dari satu halaman.

2. Photoshop adalah perisian yang berasaskan imej raster. Iaitu imej yang ditentukan oleh bilangan pixel-pixel.

2. Illustractor adalah perisian yang berasaskan imej vector.
2. Penggunaan master layout.
3. Contoh hasil yang dapat diciptakan :
  • Manipulasi foto, menggambar digital painting, membuat brosur

3. Contoh hasil yang dapat diciptakan :
  • Membuat logo, kartun, line art, spanduk, product mock up, brosur dan alat promosi lainnya

3. Contoh hasil yang dapat diciptakan :
  • Membuat buku, company profile, majalah, tabloid dan sebagainya
4. Kelebihan :
  • Mengelola tiap elemen yang ada sangatlah mudah, karena manajemen layer pada photoshop sangat baik. Photoshop kaya dengan warna, sangat handal dan cepat dalam mengolah dan menciptakan gambar berbasis pixel sehingga menjadi pilihan utama baik untuk fotografer ataupun pelukis digital.
4. Kelebihan :
  • Dalam hal mengolah teks dan membuat layout lebih baik daripada photoshop, mendukung multi-page dalam satu lembar kerja yang dinamakan Artboard. Gambar yang dibuat di-illustrator juga dapat dicetak pada ukuran apapun karena tidak akan pecah sebagai ciri khas dari gambar vector.
4. Kelebihan :
  • Fasilitas untuk wrapping teks sangat baik, sesuai dengan fungsinya untuk membuat banyak halaman pada buku. Kemudian untuk semua elemen yang ada di Indesign terhubung berdasarkan link yang ditempatkan diluar file tergantung dengan jenis file tersebut apakah pixel atau vector sehingga ukuran file layout akan sangat ringan.
5. Kekurangan :
  • Tidak dapat membuat multi-page layout dalam satu lembar kerja. Hanya ada dua cara yang cukup merepotkan untuk menciptakan layout yang sama, yaitu copy seluruh isi, kemudian membuat layer baru dan menyembunyikan layer sebelumnya atau buat di lembar kerja baru secara terpisah.
5. Kekurangan :
  • Tidak ada master pages disini dan tidak bisa menambah halaman secara otomatis, fasilitas wrapping text terbatas, jadi jangan buat buku dengan banyak halaman disini karena akan sangat merepotkan.
5. Kekurangan :
  • Bukan buat gambar, karena fasilitas untuk gambar sangat minim, jadi kalau ingin menggunakan foto atau gambar lebih baik diolah dulu di photoshop atau illustrator.


RUJUKAN

http://www.ohcetak.com/perbezaan-adobe-illustrator-adobe-photoshop/http://www.wirasutra.com/v3/index.php/blog/entry/9-perbezaan-antara-photoshop%2C-illustrator-dan-indesign

No comments:

Post a Comment

REFLEKSI

Assalamualaikum dan salam sejahtera.... Seperti yang kita tahu, reka bentuk grafik merupakan salah satu kaitan dengan seni. Hal ini ker...